Artikel Utama

Catatan ke-32: Transformasi

24 Desember 2021

Catatan ke-21: Turun GDP tanpa obat, hanya diet Low karbo, IF rata-rata 12-16 jam dan olah raga beban (HIIT)


24 Desember 2021

Gambar ini adalah data GDP saya sejak 30 September 2021, di mana GDP saya terdeteksi 307. Pagi ini GDP saya 98, yang berarti "normal" karena < 100. Dengan data ini, saya berharap hasil tes HbA1C nanti (pertengahan Januari 2022) akan turun dari 8,2% ke ....???? 

Terinspirasi dari pak Wisnu Ali Martono tentang cerita kepada dokternya, seandainya semua pasien DM memiliki data seperti ini, dokternya pasti akan lebih terbantu dalam melakukan analisa tindakan yang diperlukan. Namun hal itu juga tidak mudah, mengingat tidak semua penderita DM memiliki Glukometer dan stiknya (Saya menghabiskan hampir 2 tabung stik glukometer dalam 2,5 bulan = kira2 Rp180ribuan).

Namun demikian, dalam berproses menurunkan GD Puasa, banyak pengalaman dan pembelajaran yang didapat. Yang terpenting adalah "niteni" respon tubuh terhadap makanan dan kondisi tertentu sehingga akan tahu sendiri pantangan-pantangan yang harus dihindari untuk menjaga GDP < 100.

Next step: 
Recovery sel beta pankreas dan kinerja pencernaan di lambung.

Hmmm..., kira2 data ini bisa buat modal minta rujukan tes HOMA ndak ya? Semoga dokternya mau ngasih... 😅