Artikel Utama

Catatan ke-32: Transformasi

05 Desember 2021

Catatan ke-12: Iseng-iseng tusuk jari


5 Desember 2021

Salah satu hal yang membuat penderita GD lengah adalah "terlalu senang" dengan hasil uji GD-nya. Hal itu bisa membuat terlena dan keluar dari KOMITMEN yang telah dibuat di awal. Hati-hati....!!!
Ini adalah hasil cek GD yang iseng banget.... Sebenarnya ga terlalu krusial, hanya buat refreshing saja. Namun ada dasarnya.

Penderita DM sebenarnya harus bisa mengatur waktu istirahat dan stressnya, karena banyak hormon yang akan terpengaruh. Selain itu, konsistensi dalam melakukan olah raga juga penting, selain puasa dan diet low karbo. Jangan seperti saya.....

Mulai kemarin hari Sabtu sampai hari ini (Minggu), saya hanya tidur 2 jam. Semalaman begadang. Tidur hanya tadi pagi jam 7-9. Dari kemarin ga olah raga karena malas beranjak dari tempat duduk, lemburan revisi disertasi. Semalam ga puasa, namun masih tetap low karbo. Malah tadi malam sempat ngemil tahu 3 potong dan makan sedikit keripik kentang.

Subuh tadi nyoba iseng cek GD. Hasilnya di angka 106, Alhamdulillah. Saya kira melonjak karena ga tidur semalaman, ngemil (melanggar IF saya), dan Fenomena Fajar. Trus siang ini cek lagi setelah 3 jam makan siang dan ngemil kacang rebus lumayan banyak. Hasilnya Alhamdulillah di kisaran normal (GD = 100).

Namun yang jelas, hasil itu tidak merubah komitmen saya untuk menurunkan RESISTENSI INSULIN. Mengingat GD Puasa saya pernah mencapai 307. Ingat bro...! GD normal belum tentu RESISTENSI INSULIN ikut normal juga. 

(Lihat postingan saya tentang tes untuk Resistensi Insulin (GTT): https://www.facebook.com/groups/558955984557139/permalink/1340142529771810/)

Itu cerita saya hari ini.